Tantangan ke 2 Eksplorasi

1. Perhatikan variasi besarnya rentang waktu yang dipilih olehmu dan temanmu. Berapa rentang waktu terkecil yang kamu temukan? Berapa rentang waktu terbesar yang kamu temukan?

Rentang waktu yang paling kecil yang pernah aku temukan adalah grafiknya Oji, tentang pengamatan mobil & motor selama 5 menit, 5 menit adalah waktu terkecil yang aku pernah lihat

entang waktu yang paling terbesar yang pernah aku temukan adalah grafiknya Aiya tentang berat badan dan tinggi badan, rentang waktunya mencapai 4 Tahun


2. Apakah ada kesamaan pilihan perilaku yang diamati antara kamu dengan temanmu? 

Aku, Aiya dan Nathan memiliki beberapa kesamaan
seperti Air Minum, stock beras dan listrik (nathan)


3. Apa ada yang mengagetkan ketika kamu melakukan proses pengamatan perubahan di sekitarmu? Apakah ada perubahan yang tidak seperti dugaanmu? Bila ya, coba ceritakan 

yang bikin aku kaget itu grafik listrik, karena aku tidak menyangka akan sangat boros, karena memang sedang  memproduksi roti sih karena oven, mixer dll membutuhkan KWH yang besar.


4. Apa pertanyaan yang timbul ketika kamu melakukan pengamatan perubahan di sekitarmu? 

Aku tanya bapakku tentang beras dan air minum yang tidak pernah aku tanyakan sebelumnya, dan juga tentang tepung roti.


5. Apa "wow moment" atau pencerahan yang kamu alami saat memperhatikan perubahan yang terjadi di sekitarmu? 

ternyata pemakain listrik itu bisa sangat boros nggak heran lagi kalau ibu suka marah marah kalau suka tidak mematikan lampu saat di pagi hari atau membiarkan kipas menyala saat tidak dipakai hehe.


6. Apa pelajaran yang kamu dapat dari menggambar grafik perubahan terhadap waktu? 

aku  jadi ketagihan bikin grafik deh, aku sekarang lagi bikin grafik tentang perkembangan karir musik aku.


7. Sekarang perhatikan grafik yang dibuat oleh teman-temanmu satu tim. Apa hal yang diamati oleh temanmu yang menurutmu paling menarik? 

yang paling menarik sih tentang detak jantung yaitu grafiknya Alisha, aku tidak menyangka kalau detak jantung bisa dijadikan grafik.


8. Lalu perhatikan naik turun perilaku pada grafik temanmu. Apakah ada perubahan pada grafik temanmu yang tidak seperti dugaanmu? Bila ya, coba ceritakan 

menurutku grafiknya Oji yang tentang pengamatan burung selama 5 menit, ternyata pada jam 11 sampai dengan jam 12 siang tidak ada burung yang berterbangan.


9. Apa pertanyaan yang muncul saat mengamati naik turun pada grafik perilaku yang dibuat temanmu? Pikirkan minimal 1 pertanyaan untuk tiap teman di tim-mu

Pertanyaan dari aku

Aku ke Nathan: kamu menanam tanaman apa?
Jawaban:?


Aku ke Alisha: Kenapa kamu kepikiran ide untuk ngukur detak jantung?
Jawaban: mama aku baru beli oxymeter jadi aku iseng bikin grafiknya


Aku ke Aiya: kamu ngukur suhunya pake apa?
Jawaban: aku pakai google ngukurnya


Aku ke Oji: Kamu ngukur berat badannya gimana? kan ga nentu gitu naik turunnya
Jawaban: aku ngukur nya perjam, untuk melihat berat nya stabil atau tidak dan kalau makan nambah setengah kilo atau tidak


Pertanyaan dari teman temanku: 

Alisha: Kamu liat pemakaian listriknya dari mana?jawaban: aku bayar listrik di online shop, setelah belanja pasti ada historinya nah aku lihat dari situ

Oji & Aiya: Kamu bagaimana kamu bisa tau harga bberas perbulannya? kamu yang pergi ke pasar atau setiap bulan kamu nanya ke keluarga yang pergi ke pasar
Jawaban: Aku tanya bapakku karena bapak yang pergi tiap bulan.

Nathan:?
Jawaban:?




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Event PBX III

Event PBX

PBX Self-Review (RAJA SYAKIR)