Master Class Editing SESI 2

Microphone


Polar Pattern Mic:
- Cardoid:
Hanya sensitiv pada bagian depan mic
- Stereo:
Suara ada di dua sisi, di kiri dan di kanan
- Figure Of  8:
Hanya sensitiv pada sisi depan mic dan belakang 
- Omni:
Sensitiv 360° jadi semua sensitivitasnya sama 

"Pilih mic yang cocok, mahal bukan jaminan,
sesuaikan dengan karakter vocal dan selera masing - masing " Pak Agus Hardiman

Frequency Response

(contoh ini mic Shure SM58)











- Garis Vertical = Db
- Garis Horizontal = Hrtz

Jenis - jenis Mic

- Dynamic
Mic jenis dynamic mendominasi area high/treble mic ini juga tidak terlalu sensitiv jadi gain/Db nya lebih baik diangkat 

- Condensor
Mic ini super sensitiv jadi kalau ada suara tukang bakso yang jauhnya 30 meter masih masuk ke recording 

- Ribbon
Mic ini mendominasi area low/bass mic ini cocok untuk orang yang suaranya cempreng suara high nya tidak terlalu menusuk atau adem jadinya

- Tube 
Mic tube itu mic vintage dan karaternya itu "womb" atau frequency mid bassnya ada saturasi jadi suaranya pecah tapi pecahnya itu enak nah heran kan? sama!!! HAHAHA

- Mic USB
Mic ini mic yang sekaligus audio interface/soundcard jadi tidak perlu soundcard hanya perlu USB

Istilah -Popping/Plosive-  -Sibilance-  -Proximity Effect-

-Plosive
Suara ledakan angin yang terdengar apabila berbicara alphabet  dari A- Z, ini bisa diatasi menggunakan pop filter / tisu dan dijepit pakai karet atau pakai equalizer, tapi lebih baik dari awal sudah tidak ada plosive 

-Sibilance 
Bunyi "S' yang tajam jadi sakit di telinga bisa pakai equalizer atau dynamic eq 

-Proximity Effect
semakin dekat dengan mic,  frekuensi low-nya menjadi build up, intinya semakin dekat dengan mic semakin menonjol frekuensi low-nya

Pahami energi Vocal

Podcaster atau vokalis harus lantang jadi cari energi yang terbaik kalau lagu happy energi nya harus happy kalau sedih energy juga sedih dan seterusnya

Teknik Rekaman Vocal

- Maksimalkan volume suara vs jarak ke mic
Tidak ada yang bisa menentukan berapa jarak yang pas, karena berhubungan dengan power orang tersebut dan mic yang di pakai. Semakin jauh semakin banyak noise dari ruangan yang akan masuk, tapi kalau terlalu dekat akan terjadi proximity effect, maka cari saja yang tengah tengah, yang dirasa nyaman, untuk itu perlu bereksperimen, bahkan ada mic  yang menangkap suara lebih baik di kanan mic atau di kiri mic.

-Pahami Setting Gain Input Rekaman Yang Benar
Biasanya kita mengengejar yang mendekati -6 db, tapi hati hati kalau di -6 artinya gini nanti ada satu kata atau moment misalnya kita lebih keras saat menyanyi jadi kalau bisa kita kasih headroom dari 0db. Karena manusia dinamika dari suara manusia itu bisa lebih dari -6 db, jadi ada kemungkinan nanti sauranya akan pecah, tetapi intinya yang kita lihat bukan setting gainnya tapi kalibrasi kita mau berapa.

-Kendalikan Nafas 
kalau banyak nafas saat menyanyi, usahakn buang muka agar tidak masuk ke mic, ini juga mempermudah saat nanti editing & mixing.

-Ketahui Trik Rekaman Vokal Untuk Efek Yang Spesial
Trik nya yaitu layering kita bisa berbicara satu kalimat yang sama,
misalnya 4 kali terus kita layer, kita mixing nanti kedengaran nya hanya ada satu tapi kaya ada efek berbeda bisa juga pake panning kiri kanan jadi lebar suaranya jadi itulah special effect.

Sekiantos Terimakasihatos

HEHEHEHEtTOS





Komentar

Postingan populer dari blog ini

Event PBX III

Event PBX

PBX Self-Review (RAJA SYAKIR)