Tujuan Eksplorasi:

Belajar pengalaman baru, beradaptasi, mandiri dan bersenang-senang.

Lokasi:
Kampung Zuhud, Dusun Sukajadi, Desa Hegarmana, Kabupaten Ciamis, Kecamatan Cidolok, Provinsi Jawa Barat.

Pada hari rabu tanggal 10 november 2019 aku berangkat dari rumah, aku berangkat jam 18:00, aku sampai di stasiun senen jam 19:56, setelah sampai aku langsung mengambil tas dan mencari rombongan. Sekitar jam 20:30 kami foto bareng dan menuju kereta, jam 21:00 kereta pun jalan, di perjalanan ada yang tidur, main kartu, ngobrol dan lain2. kami sampai di stasiun tasik jam 4:30 pagi.


Setelah itu kami ke masjid untuk sholat shubuh, dan langsung memberikan tempat bekal kosong ke Ambu Yoan, setelah itu kami semua naik mobil bak terbuka dan itu sangaaat seruuu.


Sebelum sampai ke kampung kami berhenti sejenak di Alun-Alun Manon Jaya


 di sana kami main bola, dan main benteng, setelah 15 menit kami disuruh kakak-kakak mentor untuk sudah-an mainnya, dan kita langsung jalan ke Kampung Zuhud.
Dari Alun - Alun Manon Jaya ke Kampung Zuhud memakan waktu 1 jam lohhh.
Setelah 1 jam perjalanan akhirnya kami sampaiii. Ketika sampai kami langsung duduk di saung kampung Zuhud. dan langsung salim ke Nenek, yaitu ibunya Abah Apep, Abah Apep itu suaminya Ambu Yoan. Abah Apep dan Ambu Yoan adalah pemilik Kampung  Zuhud.

Setelah salim-salim tak lama kemudian sarapan datang. Setelah sarapan selesai, Abah Apep pendiri kampung Zuhud  datang bersama bapak kepala desa, Bpk. Cece Armudin, beliau dengan ramah menyambut kedatangan Oase dan ngobrol-ngobrol, tak terasa waktu sudah siang kami pun Sholat Dzuhur dan ganti baju untuk kotor-kotoran, karena kita akan melepaskan ikan mujair dan ikan mas ke kolam, itu seru sekali, karena aku nyebur ke lumpur.

Setelah Seru-seruan akhirnya selesai dan kami di ajak ke DAM 


jalan menuju DAM sangaaaat menantang! Karena turuuuunannnn semuaa edan lah pokoknya, setelah 30 menit perjalanan akhirnya sampai juga di DAM!, dan ga pake lama aku langsung lompat dari tepi DAM yang tingginya mencapai 4 meter, setelah lompat aku ketagihan dan aku ingin mencoba lompat dari ketinggian kurang lebih 7 meter dan aku berhasil! Ternyata aku bisa yayyyyyyy!, pas aku bisa melompat dari ketinggian 4 meter dan 7 meter, aku merasa bangga dan senang karna aku bisa lompat dari ketinggian segitu. Setelah itu kami langsung pulang ke saung dan mandi.

 Malamnya kami diantar ke rumah keluarga Inang masing masing, Keluarga ku adalah Pak Engkus, Dion dan Ibu Siti setelah kenalan kami ngobrol dan itu rasanya canggung! Akhirnya Alfar ngomong tentang buaaanyak hal pokoknya banyak dehh, setelah 15 menit ngobrol akhirnya kami istirahat dan tidur karena besok akan terjadi banyak hal.
***
DAY 1
Besoknya kami bangun jam 3:00 dan sekitar jam setengah empat kami ke Masjid untuk Sholat Shubuh. Jam 5 pagi kami ke mentor dan ngobrol sebentar dan kembali lagi ke keluarga inang. Setelah sampai kami membantu keluarga inang, bersih-bersih, aku lupa waktu itu bersih-bersih apa, pokoknya bantu membersihkan, setelah itu kami menangkap ayam dan bakar ayam dan itu seruu sekali. Karena kami (Alfar, Nico, Aku dan Yazdad) menangkap ayamnya dulu, pas tangkap ayam aku kejedot genteng dan sakit sekali rasanya kepalaku, tapi akhirnya tertangkap juga ayamnya. Dan ayamnya tidak langsung di makan karena masih kenyang makan ikan dan soup. Setelah itu kami mencuci baju dan menjemur.
                                                                 ***                   
DAY 2
Bangun pagi, Sholat Shubuh, ke mentor dan bantuin ibu bikin bolu kukus sebanyak 100 cup untuk hajatan, aku membantu blender adonan bergantian dengan Alfar, 
adonannya banyak sekali, tiba tiba mentor kak Ayu dan kak Raken datang untuk dan IG live kami. Setelah bantu-bantu, kami  ikut bapak ke Kebunnya, kebunnya tak jauh dari rumah dan kami pun jalan kaki ke sana, setelah sampai kami duduk di saung  yang dibuat sendiri sama Pak Engkus, beberapa menit kemudian Bapak menawarkan kami untuk minum kelapa muda, ga pake lama, kami pun langsung mau hehehhe, langsung jalan ke pohon kelapa yang ada di bawah kebun Pak Engkus. Pak engkus pun manjat dan mengambil 4 kelapa untuk diminum, Pak Engkus langsung potong kelapanya pake golok, dan langsung di kasih ke aku dan aku minum glek glek, gilaaa seger banget coyy ajib pokoknyaa, setelah minum kami pun langsung menyiram cabe dan keliling kebon, ngobrol-ngobrol sama Pak Engkus, tak lama kami pun pulang sambil membawa pisang kecil-kecil, pas sampai rumah ayam kemaren sudah siap dan kami pun makan, ayam enak buaaanget karna aku yang ngulek bumbunya heheh :’). Dan pas kami sampai rumah, pas sekali turun hujan dan kami melihat ada rumah depan yang ibunya sedang ke susahan karna sedang mindahin kayu bakar yang ada di luar supaya tidak terkena hujan dan kami pun langsung membantu ibu tersebut. Tak terasa waktu sudah maghrib kami pun Sholat dan sekitar jam 7 kami ke mentor, abis dari mentor bantu masak, makan dan tidur.
***
DAY 3
Seperti biasa bangun pagi, sholat, ke mentor dan bantu bantu keluarga Inang, dan yang ga biasa kami nyari kayu bakar! Dari pada “Gabut” kami pun nyari kayu bakar, tiba2 Yazdad membantu kami dan teman Yazdad pun juga ikut bantu, dan itu menyenangkan woohoo seru lahh menurutku itu kerja sama, setelah sampai kami duduk kecapean tak terasa sudah jam 3 sore kami pun bantu bantu Ibu di rumah karna bapak lagi pergi nge jala, jam 6 kami Sholat Maghrib dan pulang dulu kerumah, karna masih sekitar setengah jam untuk bertemu mentor, sambil nunggu banyak yang datang kerumah, yang datang itu ada Tim Billy, Tim Vacha, Tim Shauqi. rame-rame nonton sinetron ANTV, pas lagi greget-gregetnya sinetronnya ehh udah jam 7 jadi kami harus ke mentor dan pamit ke Ibu.

 Kata Kak Andit nanti malem kamis kita harus tampil sesuatu mau nyanyi, mau drama pokonya apa aja deh yang penting tampil. Dan Alfar bilang “Gimana kalau kita nyanyi” aku dan Nico setuju dengan ide Alfar dan kami pun membuat lirik dan latihan sebentar dan tidur
***
DAY 4      THE LAST DAY
Tak terasa sudah hari terakhir, seperti biasa bangun pagi, Sholat Shubuh, dan ke mentor pulang lagi dan nangkep Ikan di sungai seruuu banget, aku gak nangkep ikan sama sekali karna Alfar semua yang nangkep jago emang Alfar, karna udah mau hujan jadi di percepat deh nangkep ikannya padahal lagi seru-serunya, tapi sebagai gantinya kami hujan hujanan dan main bola hujan hujan seeruuu dehh pokok nyaa, abis hujan hujanan aku langsung mandi dan pulang ke rumah habis pulang kami latihan nyanyi, tak terasa sudah sore kami Sholat Maghrib, dan ke mentor untuk Api Unggun yayyyy, tapi Alfar sakit dan dia gak bisa ikut api unggun Jadinya kami batal Tampil dan aku dan Nico jadi nyanyi Indonesia Raya Bersama Kelompok Shauqi, dan Kelompok  Vacha, kebetulan Vacha juga sakit jadi kita barengan dehh. Abis Api Unggun kami memberikan hadiah souvenir ke Keluarga Inang dan saling me maafkan, setelah itu kami pulang dan tidur.
***
Day 5 Hari kepulangan
Tidak seperti biasanya, kami bangun pagi Sholat Shubuh, dan Packing Untuk pulang, sebelum pulang aku minta Nomer nya Pak Engkus  dan Pak Engkus Juga memberi kami oleh oleh Pete dan keripik2, habis itu kami di jemput mentor, foto dan langsung jalan ke Ambuh Yoan dan sarapan, habis itu kami naik bis ke terminal dan naik bis lagi ke termina Kp.Rambutan  setelah sampai kami foto Bersama dan maaf maafan ke mentor dan pulang ke rumah masing masing


#KampungZuhud
@KampungZuhud
TERIMAKASIH SUDAH MEMBACA BLOG INI 

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tantangan Wide Games

Reflekssi kegiatan penggalang dan penegak term 1 2020